Rabu, 10 Maret 2010

Paragraf Deduktif dan Induktif

PENGERTIAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN PARAGRAF INDUKTIF

Paragraf Deduktif
Adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya
terletak di awal paragraf dan selanjutnya di ikuti oleh
kalimat kalimat penjelas untuk mendukung kalimat utama.

Contoh paragraph deduktif.

  • Langkah-langkah pendisiplinan perlu dilakukan. Ketidakdisiplinan terjadi melalui proses erosi yang berlangsung cukup lama. Penanggulangannya pun perlu dilakukan secara sedikit demi sedikit. Itu berarti bahwa erosi disiplin perlu diatasi dengan proses sedimentasi disiplin. Melalui pross sedimentasi disiplin, sedikit demi sedikit nilai-nilai kedisiplinan diendapkan ke dalam masyarakat.

  • Printer adalah perangkat yang paling sederhana untuk didaur ulang. Tidak hanya cartridge-nya yang dapat didaur ulang, namun juga printernya. Mungkin untuk cartridge-nya, sebagian masyarakat juga sudah mengetahui bahwa plastic menjasi bahan dasar untuk membuat tempat penampung tintanya. Sehingga proses pendaur ulangannya sama dengan seperti mendaur ulang plastic biasa. Namun, isi dari cartridge itu sendiri yang banyak mengandung karbon hitam, harus dibersihkan terlebih dahulu.


Paragraf Induktif
Adalah paragraf dimana ide pokok terlatak di akhir
paragraf,dan kalimat penjelas berada pada bagian awal
paragraf.

Contoh paragraph induktif.

  • Kacamata kelak tak hanya berfungsi melindungi dan membantu indra penglihatan ataupun mempercantik penampilan. Sepasang lensa itu nantinya juga akan memberikan informasi yang banyak membantu secara real time. Baru-baru ini, sejumlah peneliti dari Jerman melansir prototype kaca mata yang dapat menunjukan performa atlet data rata-rata detak jantung pemakainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar